Sabtu, 08 Maret 2014

Emulator Playstation 3 untuk PC Mulai Berjalan


Terlepas dari kontraversi yang ia hasilkan, emulator memang seringkali diasosiasikan sebagai "rumah" untuk para gamer pembajak. Menggunakan kemampuan PC yang jauh lebih kuat, para peretas menciptakan serangkaian perangkat lunak yang memungkinkan platform ini mengemulasi kinerja platform gamin yang lain. Hasilnya? Anda tinggal mengunduh game yang dibutuhkan dan menikmati game-game ekkslusif konsol lain, bahkan di kualitas yang jauh lebih optimal. Namun anehnya, terlepas peningkatan kemampuan PC yang semakin signifikan, Playstation 3 dan Xbox 360 tampaknya masih menjadi “tugas terberat” yang tidak mudah dicapai. Walaupun demikian, progress yang menjanjikan mulai terlihat.

Ada begitu banyak alasan mengapa emulator Playstation 3, khususnya, sulit untuk dicapai. Alasan yang paling sering terdengar adalah arsitektur yang benar-benar berbeda dengan PC, apalagi dengan implementasi si prosessor Cell yang misterius. Jika Anda termasuk gamer yang berharap bisa memainkan game-game eksklusif Playstation 3 seperti God of War 3, Heavy Rain, Uncharted, atau The Last of Us di PC, Anda tampaknya boleh kembali menggantungkan harapan. Penantian lama terbayar, denyut nadi pertama emulator Playstation 3 yang benar-benar bekerja akhirnya terlihat di dunia maya.

berikut ini adalah video user yang sudah berhasil :

atau yang ini : YouTube

Lewat sebuah video yang dirilis di situs video Youtube, salah satu user berhasil menjalankan game komersial pertama Playstation 3 di PC, menggunakan sebuah program emulasi yang masih berada dalam masa pengembangan – RPCS3. Walaupun masih dipenuhi dengan begitu banyak bug, dengan framerate yang super kacau, bahkan terkesan laggy untuk sebuah game dengan visualisasi “ringan”, fakta bahwa game Playstation 3 ini bisa dimainkan di PC menjadi pencapaian tersendiri. Sebuah permulaan yang menarik untuk disimak perkembangannya di masa depan.

Sang developer RPCS3 sendiri mengaku masih terus berusaha menyempurnakan emulator perdana yang benar-benar terbukti bekerja ini. Sayangnya, ia juga masih belum bisa memberikan kepastian spesifikasi PC seperti apa yang dibutuhkan untuk memastikan game-game Playstation 3 ini bekerja. Satu yang pasti, seiring dengan penambahan fitur, besar kemungkinan tuntutan spesifikasi ini akan semakin masif.

One step closer..

Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar